Yuk membelajarkan diri melalui pengalaman asyik Outbound/ penjelajahan asyik.


Merancang OUTBOUND Training Profesional

Naskah ini merupakan cuplikan pengantar buku Merancang OUTBOUND Training Profesional karya Agustinus Susanta, yang tak lain adalah Fasilitator Utama MANCAKRIDA OUTBOUND.


Buku ini bukan sekedar buku panduan teoritis  karena...

Pertama...

Nyaris seluruh apa yang kita baca pada buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata, atau dengan kata lain bersumber pada pengalaman Saya sendiri. Sejak tahun 2003, Saya mulai berkecimpung dalam dunia kedinamikakelompokan. Kebetulan Saya juga suka corat coret dan fota–foto. Tak direncana memang hasil corat – coret dan fota–foto itu kini dapat Kita nikmati dalam bentuk buku.

Kedua...

Buku ini berusaha  Saya buat dengan karakter :
  • Menyampaikan suatu hal dengan sederhana, mulai dari pokok gagasan paling mendasar sampai perinciannya, dalam jalur yang mudah dirunut.
  • Mengimbangi bahasa tulisan dengan bahasa matrik/ tabel dan bahasa visual, baik melalui foto–foto maupun ilustrasi.
  • Mengajak pembaca terlibat menikmati pembacaan buku ini dengan cara tidak “memanjakan” proses membaca dengan bahasa tertulis yang bertele. Akan sering Kita temui simbol–simbol yang menyertai suatu teks. Namun jangan khawatir, semua simbol mempunyai makna (yang tentu saja ada penjelasannya)
  • Mengandaikan pembaca adalah orang yang juga cerdas dan kreatif, maka beberapa hal yang tidak prinsip tidak  Saya jelaskan dalam buku ini, misalnya Kita sedang menyimak tentang suatu permainan, selama tujuan & kompres sudah jelas, apalagi dilengkapi foto, maka tidak akan Kita temukan misalnya peralatan apa yang dibutuhkan, atau berapa lama permainan dilangsungkan. Hal – hal semacam itu akan muncul jika memang menjadi sesuatu yang signifikan dalam permainan tersebut.


a

Ketiga...

Istilah “Outbound Profesional” tidak akan sering Kita jumpai dalam penulisan, karena istilah “Outbound Profesional” sudah Saya sesuaikan  dengan kegiatan yang dihadapi, sehingga nama kegiatanpun tidak selalu menggunakan kata “outbound”. Apapun kegiatannya, selama mengandung dinamika kelompok dan mayoritas dilakukan di luar ruangan, Saya golongkan sebagai sebuah outbound. Kita akan banyak menemukan istilah” dinamika kelompok” untuk menyebut berbagai variasi kegiatan tersebut.

Keempat…

Ada 2 bagian besar dalam struktur buku ini, yakni:
I.   SKENARIO, dan
II. PERMAINAN (yang disebutkan dalam skenario)
   
Bagian SKENARIO  (8 buah), merupakan panduan praktis cara Kita berpikir untuk menghasilkan suatu skenario dinamika kelompok. Permainan–permainan yang disebut sebagian langsung dijelaskan dalam skenario/ kertas kerja, sebagian lagi tidak dijelaskan. Namun jangan khawatir, semua nama permainan yang ada di bagian pertama ini dapat Kita  simak deskripsinya pada bagian kedua.


Bagian PERMAINAN, (50 jenis) mendeskripsikan semua permainan yang disebut dalam skenario/ kertas kerja. Bagian ini dapat juga dibaca lepas, artinya, tanpa menyimak bagian pertama, Kita dapat langsung menikmati penjelasan berbagai permainan. Semua permainan yang dideskripsikan, diangkat dari pengalaman nyata, bukan menyomot langsung dari sebuah teks lalu menjelaskannya secara teori. Penulis harus bekerja cukup keras untuk membatasi hal – hal apa saja yang signifikan perlu diketahui pembaca, mengingat jika diceritakan semua tentang pengalaman menjalankan permainan–permainan tersebut secara detail, maka akan bertelelah jadinya.

Dalam menjelaskan sebuah permainan, pertama akan dijelaskan kronologis permainan sesuai skenario (pada bagian pertama). Karena sebagian besar permainan pernah dilakukan beberapa kali (diluar kegiatan yang tersebut di bagian pertama), maka beberapa variasinya juga turut disampaikan. Maka janganlah heran wahai pembaca yang baik, jika foto–foto yang ditampilkan merupakan cuplikan dari permainan yang sejenis, namun dilaksanakan pada kegiatan yang berbeda.


Selamat menjelajah.

Oh ya, buku ini dikatapengantari oleh Bapak Krishnamurti, seorang Mindset Motivator Nasional; tulisannya bisa dibaca di sini yaa...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar